ETIKA BERKOMUNIKASI MENGGUNAKAN TELEPON
ETIKA BERKOMUNIKASI MENGGUNAKAN TELEPON
Haii teman-teman , selamat datang :) , saya akan menjelaskan tentang etika kita dalam berkomunikasi menggunakan telepon , nah ... gak asing kan dengar kata berkomunikasi lewat telepon , jika anda seorang sekertaris pasti anda sudah sering menerima informasi melalui telepon bukan , dalam kehidupan sehari - hari kita pun sering sekali melakukan komunikasi lewat telepon. nah sekarang saya akan memberitahukan bagaimana sih etika dalam berkomunikasi lewat telepon yang baik dan benar , simak berikut ini yah...
A. Penegertian Komunikasi
Komunikasi adalah penyampaian informasi dari satu pihak ke pihak lain untuk mencapai kesepahaman.
B. Berkomunikasi melalui telepon
Ialah suatu proses penyampaian informasi jarak jauh dengan menggunakan media telepon.
C. Etika atau hal yang perlu diperhatikan dalam berkomunikasi menggunakan telepon.
Suara yang merdu, jelas, terkesan ramah , hangat , dan bersahabat , tidak jarang orang menjadi lebih betah dan senang berkomunikais dengan kita . Dengan hanya mendengar saja orang keluar sering menyimpulkan pribadi penerima telepon. Penampilan menarik tidak akan tampak dalam hubungan telepon. Akan tetapi , kepribadian seseorang jelas tercermin melalui bagaimana mereka menyampaikan sesuatu yang harus dikatakan. Adapun hal-hal yang penting dna harus kita perhatikan dan dilaksanakan sehubungan dengan etiket bertelepon adalah sebagai berikut:
1. Mengucapkan salam dan memperkenalkan diri terlebih dahulu. Mengucapkan salam wajib dilakukan dan mengenalkan diri agar lawan bicara kita tahu dengan siapa dia berbicara.
1. Mengucapkan salam dan memperkenalkan diri terlebih dahulu. Mengucapkan salam wajib dilakukan dan mengenalkan diri agar lawan bicara kita tahu dengan siapa dia berbicara.
2. Menggunakan bahasa yang formal, baik,dan sopan. Berguna agar tidakada kesalahpahamanarti dari lawan bicara sehingga mengetahui maksud dan tujuan dari tema pembicaraan.
3. Tidak berbicara dengan orang lain selagi menelepon. Kita harusfokusdalam satu pembicaraan saja agar tidak ada kesalahan dalam berbicara.
4.Tidak berbicara sambil makan sesuatu atau mengunyah permen. Jika kita berbicara sambil makan maka suara kita akan terdengar kurang jelas oleh lawan bicara dan bahkan dapat membuat kita tersedak, karena makan sambil berbicara.
5. Berbicara tidak terlalu banyak basa basi. Jika terlalu banya basa basi akan menambah biaya telepon, menyita waktu dan membuat lawan bicara kita merasa bosan.
6.Tidak berbicara dengan nada kasar apalagi membentak. Ini akan membuat kesan seperti marah-marah dan membuat lawan bicara kita akan merasa dimarahi sehingga Ia akan mengakhiri pembicaraan.
7. Nada dan intonasi bicara tidak terkesan malas atau tidak ramah. Akan menyebabkan lawan bicara merasa malas pula untuk berbicara dan malas meladeni atau bahkan tidak menghiraukan apa yang sedang kita bicarakan.
8. Mencatat pesan atau pembicaraan. Semua pesan wajib dicatat agar kita tidak lupa akan pesan yang harusdisampaikan.
9. Sampaikanlah pesan kepada orang yang dituju si penelepon. Jika ada pesan maka pesan itu wajib disampaikan, karena setiap pesan itu pasti penting bagi si penerima pesan.
D. Langkah dan teknik menelpon
1. Perhatikan jam anda menelepon
2. Ucapkan salam
Selayaknya orang bertamu, mengucapkan salam terlebih dahulu seperti meminta izin untuk pada mereka untuk menggunakan waktunya sebentar. Mengucapkan salam pada orang yang ditelepon juga dapat memberikan kesan bahwa anda adalah orang yang sopan dan berniat baik
3. Sebutkan identitas diri anda
Jika anda pertamakali menelpon nomor yang anda tuju tersebut selayaknya anda memperkenalkan diri terlebih dahulu , jadi orang yang dituju mengetahui dengan baik dan tidak kebingungan siapa sih yang menelpon, dan alangkah baiknya kita perkenalkan diri terlebih dahulu.
4. Beri tahu maksud dan tujuan kita menelpon
Penerima telepon pasti ingin tahu ada hal apa sih kita menelponya , nah untuk itu kita sampaikan kepadanya tujuan dan maksud kita menelpon . agar penerima tidak bosan dalam menerima telepon dari kita karena kita terlalu basa basi .
5. Setelah itu , jika kita ingin menutup telepon tersebut hendaknya menutup dengan salam
Jika kita mengawali telepon dengan salam maka hendaknya menutup teleponpun dengan salam agar terkesan ramah dan sopan.
6. letakan gagang telepon dengan pelan
Setelah salam penutup , leatakkan gagang telepon dengan pelan jangan teralalu keras dalam meletakan gagang telepon.
E. Langkah dan teknik meneriam telepon
- Segeralah angkat jika telepon berdering.
- Ucapkanlah salam begitu anda mengangkat telepon.
- Bila penelepon menanyakan orang lain, tanyakan nama dan identitas orang yang dicari.
- Bila orang yang dituju tidak ada ditempat maka beritahukan dengan sopan dan tawarkan pada penelepon untuk meninggalkan pesan.
- Setelah menyelesaikan pembicaraan dengan penelepon sebaiknya mengucapkan salam, dan jangan meletakkan gagang telepon mendahului penelepon, tunggu sampai gagang telepon diletakkan atau telepon ditutup selama dua atau tiga detik olah penelepon. Nah bagaimana sudah tahu kan bagaimana cara kita berkomuniaksi menggunakan telepon , jadi kita bisa menjadi pribadi yang baik dalam bertelepon , tidak seenaknya sendiri dalam bertelepon .. cukup sampai disini dulu ya... hanya itu yang dapat saya sampaikan, terimakasih sudah mampir.. WASSALAMUALAIKUM...
Good sekali
BalasHapus👌🏻
BalasHapusmakasih
BalasHapusBaik saya mengerti
BalasHapusTerima kasih
BalasHapusoi
BalasHapus